Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Akan Dorong Urbanisasi

Kompas.com - 07/03/2013, 03:12 WIB

BEIJING, RABU - Pemerintah China akan mendorong urbanisasi penduduknya sebagai langkah untuk memacu aktivitas ekonomi domestik dalam beberapa tahun mendatang. Proses urbanisasi itu akan dilakukan secara terencana guna menghindari berbagai ekses negatif.

Demikian diungkapkan Zhang Ping, Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC), dalam jumpa pers di sela-sela Kongres Rakyat Nasional (KRN) China, di Beijing, Rabu (6/3). NDRC adalah lembaga perencanaan ekonomi tertinggi di China.

Menurut Zhang, urbanisasi adalah potensi terbesar untuk mendorong permintaan pasar domestik China pada masa depan. China saat ini memang tengah mendorong pasar domestik guna menghadapi tantangan perekonomian global.

”Dalam rangka mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang cepat dan stabil, kami telah meningkatkan struktur ekonomi kami, terutama struktur permintaan (pasar). Memperluas permintaan domestik adalah senjata paling efektif untuk mengatasi krisis keuangan global dan merespons krisis eksternal,” papar Zhang, seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Dengan memindahkan penduduknya secara besar-besaran dari desa pedalaman ke kota-kota, Pemerintah China berharap akan terwujud kelas masyarakat konsumer sejati. Hal itu akan menjadi pengimbang faktor pendorong pertumbuhan ekonomi China selama ini, yang terlalu bertumpu pada investasi dan ekspor.

Zhang mengatakan, tahun 2012, konsumsi dalam negeri di China telah menggantikan investasi sebagai daya penggerak utama perekonomian di negara kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

400 juta jiwa

Untuk mendorong urbanisasi itu, Pemerintah China berencana menganggarkan dana sebesar 40 triliun yuan (sekitar Rp 62,3 kuadriliun) guna memindahkan 400 juta penduduk dari pedesaan ke perkotaan dalam 10 tahun mendatang.

Kantor berita Reuters, yang mengutip sejumlah sumber yang disebutkan namanya, menyatakan bahwa Pemerintah China tengah mempersiapkan reformasi besar-besaran pasar obligasinya untuk mengumpulkan dana 40 triliun yuan itu.

Diharapkan, pada tahun 2020, sekitar 60 persen dari total 1,4 miliar penduduk China sudah menjadi warga perkotaan. Menurut laporan NDRC, laju urbanisasi di China tahun ini akan naik menjadi 53,37 persen dari 52,57 persen pada 2012.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com