Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepakbola Antar ODHA Jaring Atlet untuk Laga di Polandia

Kompas.com - 06/03/2013, 19:58 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com -- Sebanyak 14 tim dari 9 organisasi advokasi penyandang HIV/AIDS dan pecandu narkoba dari sembilan provinsi besar di Indonesia, akan mengikuti pertandingan sepakbola bertajuk "League of Change" pada 10 sampai 12 Maret 2013 mendatang. Turnamen ini merupakan yang kali kedua digelar di Kota Bandung.

Sebelumnya pada tahun 2013, even LOC sukses mengirimkan atlet-atlet sepakbola gaya bebas atau street soccer untuk ajang Homeless Worldcup 2011 di Paris, Perancis dan 2012 di Mexico, akan mempertandingkan 14 tim dari 8 provinsi dengan kategori tim laki-laki sebanyak 9 tim dan 5 tim kategori wanita.

Founder dan Co-Director Rumah Cemara sekaligus panitia penyelenggara LOC, Ginan Kusmayadi saat konferensi pers di Kafe Litlle White, Jalan Lodaya, Kota Bandung, Rabu (6/3/2013) mengatakan, LOC juga akan menjadi seleksi untuk para pengidap HIV/AIDS (ODHA) , pecandu narkoba dan juga masyarakat termarjinalkan, untuk memperkuat skuad timnas Indonesia pada turnamen Homeless World Cup 2013 di Polandia Agustus mendatang.

"Kita telah menyebar undangan ke 9 organisasi penanggulangan HIV AIDS dan Narkoba untuk mengirimkan tim ke turnamen ini. Kemudian nanti akan dipilih 15 orang dan kita seleksi lagi dengan interview tentang cara mereka bisa mengubah hidupnya melalui sepakbola, untuk memilih 8 orang terbaik," ujar Ginan.

Selanjutnya, tambah Ginan, para penggawa terpilih masih harus menjalani program penggemblengan mental, fisik dan teknik selama 1 bulan dalam program Training Camp sebelum berangkat menuju Polandia.

Lanjut dia, peserta turnamen LOC tahun ini lebih banyak dibanding tahun 2012. "Tahun ini lebih banyak. Tahun kemarin cuma 8 provinsi," tegasnya.

Ditanya tujuan turnamen ini, Ginan menyatakan untuk meningkatkan kualitas hidup ODHA dan pecandu narkoba melalui sepakbola.

"Kita juga ingin menghapuskan stigma negatif dan juga diskriminasi terhadap ODHA serta pecandu narkoba. Agar masyarakat melihat kalau kita juga bisa berprestasi," tegasnya.

Sementara 9 provinsi yang dipastikan menjadi peserta LOC 2013 kategori laki-laki yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Sementara 5 provinsi yang akan mengikuti turnamen kategori wanita yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com