Kompas.com - 06/03/2013, 17:51 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Sejak awal Januari hingga Februari tahun ini serangan Palestina terhadap Israel meningkat. Pihak Israel mengakui hal tersebut.

Adalah catatan pelayanan keamanan Israel, Shin Bet, yang menyajikan data termutakhir dalam laporan bulanannya Terrorism Update pada Rabu (6/3/2013). Pada Februari, ada 138 serangan di Tepi Barat dan Yerusalem oleh pihak Palestina. Padahal, selama Januari tahun ini, jumlah serangan itu ada 83.

Tepi Barat menjadi kawasan dengan peningkatan jumlah aksi kekerasan. Pada Januari, aksi kekerasan berjumlah 56. Sementara itu, pada Februari, ada 100 aksi kekerasan.

Pada Januari pula, tindak kekerasan di Yerusalem tercatat 27 kejadian. Pada Februari, kekerasan menjadi 38 kejadian. "Selama aksi kekerasan dan penyerangan itu, korban luka di pihak Israel ada tiga orang, yakni dua warga sipil dan satu anggota militer. Mereka terkena lemparan batu dan serangan bom molotov," kata Shin Bet.

Shin Bet menambahkan rincian tindak penyerangan adalah 119 pelemparan bom molotov, 15 bom rakitan, 1 penembakan, 2 penusukan, dan 1 serangan dari kendaraan.

Catatan Shin Bet juga menyertakan sebuah serangan roket dari Jalur Gaza ke selatan Israel minggu lalu. Ini merupakan serangan pertama sejak November 2012. Total serangan roket pihak Palestina menurut Shin Bet selama tiga bulan silam ada 1.734 kejadian.

Sementara itu, laporan Koran Ha'aretz pada Selasa kemarin menyebutkan lusinan warga Palestina terluka dalam bentrokan dengan aparat keamanan Israel sejak awal 2013. Di antara jumlah itu, ada seorang remaja Palestina berusia 16 tahun yang terluka parah dalam bentrokan di Hebron.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.