Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Malaysia Tewaskan 13 Anggota Tentara Sulu

Kompas.com - 06/03/2013, 17:15 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Militer Malaysia, Rabu (6/3/2013), mengatakan berhasil menewaskan 13 orang yang diduga anggota militan Filipina yang menyusup ke Negara Bagian Sabah hampir satu bulan lalu.

Keberhasilan menewaskan sejumlah penyusup bersenjata ini menyusul pencarian yang dilakukan sehari setelah militer Malaysia melakukan gempuran dengan bantuan jet tempur, mortir, dan ratusan serdadu.

"Totalnya 13 orang. Mungkin saja lebih banyak," kata Menteri Pertahanan Malaysia Zahid Hamidi dalam jumpa pers di pusat media yang didirikan di sebuah perkebunan kelapa sawit bernama Felda Sahabat.

Jika yang disampaikan militer Malaysia ini benar maka ketegangan bersenjata yang terjadi hampir satu bulan ini sudah menewaskan 40 orang, delapan di antaranya anggota kepolisian Malaysia.

Dalam jumpa pers itu, Zahid menunjukkan sejumlah foto yang diklaimnya sebagai jasad militan Filipina. Ia menambahkan, tak ada korban jatuh dari pihak militer.

Saat ini, kepolisian Malaysia meminta warga setempat tetap waspada karena sejumlah anggota Tentara Sulu melarikan diri ke dalam perkebunan dan bisa saja menyamar sebagai petani.

"Operasi pencarian akan mencakup kawasan yang cukup luas untuk mencari kemungkinan penyusup yang pindah ke lokasi baru," kata Inspektur Jenderal Polisi Ismail Omar.

"Pasukan keamanan masih memburu mereka dan akan mengambil langkah-langkah yang dibutuhkan," tambah Ismail Omar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com