Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapel Sistine Ditutup untuk Persiapan Konklaf

Kompas.com - 05/03/2013, 19:30 WIB

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Mulai Selasa (5/3/2013), Vatikan menutup Kapel Sistine yang akan digunakan sebagai lokasi sidang konklaf untuk memilih paus baru pengganti Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Sidang konklaf diperkirakan akan digelar pekan depan meski tanggal pasti dari peristiwa penting itu belum diketahui. Kapel Sistine akan kembali dibuka setelah sidang konklaf berakhir.

Dengan ditutupnya Kapel Sistine, para wisatawan yang mengunjungi Vatikan tak bisa melihat lukisan dinding Michaelangelo yang terkenal itu. Namun, lokasi lain di Vatikan, seperti apartemen Borgia dan berbagai koleksi Gereja Katolik yang berharga, masih dapat dinikmati.

Konstitusi Gereja Katolik, yang juga mengatur soal konklaf, menyebutkan bahwa hanya pertemuan para kardinal yang bisa memerintahkan penutupan sementara Kapel Sistine untuk persiapan konklaf.

Sebanyak 115 kardinal berusia di bawah 80 tahun dari seluruh dunia akan berkumpul di Kapel Sistine untuk menentukan pemimpin Gereja Katolik yang baru. Mereka semua terikat sumpah untuk menjaga kerahasiaan proses pemilihan ini.

Di dalam kapel nantinya akan ditaruh sebuah tungku khusus. Tungku ini akan digunakan untuk membakar surat suara para kardinal seusai pemilihan. Jika asap hasil pembakaran berwarna putih berarti paus baru sudah terpilih. Jika berwarna hitam maka konklaf belum berhasil memilih paus baru.

Meski belum menentukan tanggal penyelenggaraan konklaf, Vatikan berharap pada perayaan Paskah akhir bulan ini umat Katolik sedunia sudah mendapatkan pemimpinnya yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com