Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Sulu Tegaskan Tidak Akan Menyerah

Kompas.com - 05/03/2013, 15:52 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Sultan Sulu Jamalul Kiram III, Selasa (5/3/2013), menegaskan, pasukannya yang berada di Negara Bagian Sabah, Malaysia, tidak akan menyerah dan akan bertempur hingga orang terakhir.

"Putra mahkota, pasukan kerajaan, dan para patriot yang mendarat di Sabah dengan sukarela akan berjuang hingga orang terakhir untuk memperjuangkan idealisme dan aspirasi mereka," kata Kiram di Manila.

Jamalul Kiram mengirim adiknya, Raja Muda Agbimuddin Kiram, dan ratusan pendukungnya, yang sebagian bersenjata, ke Negara Bagian Sabah pada 12 Februari lalu.

Mereka bertujuan untuk mengklaim kembali tanah yang menurut mereka adalah wilayah Kesultanan Sulu yang dahulu menguasai sebagian Pulau Kalimantan, termasuk Sabah.

Jamalul Kiram III, yang memproklamasikan diri sendiri sebagai Sultan Sulu, menyatakan, pemimpin pasukannya di Sabah adalah putra mahkotanya bersama Tentara Kesultanan Sulu.

Sebelumnya, Pemerintah Malaysia memutuskan untuk menggelar operasi militer dengan dukungan pesawat tempur dan helikopter demi menyelesaikan kebuntuan yang telah terjadi selama tiga pekan.

Pasukan Malaysia dan Tentara Kesultanan Sulu sudah sempat bertukar tembakan yang mengakibatkan 18 orang Sulu dan 8 orang polisi Malaysia tewas.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com