Kompas.com - 04/03/2013, 18:56 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Tidak ada yang tahu siapa yang akan menjadi paus berikutnya menggantikan Benediktus XVI yang mengundurkan diri. Namun, satu hal yang pasti paus bari akan tetap mengenakan karya Gammarelli.

Siapa Gammarelli? Gammarelli adalah penjahit resmi kepausan sejak abad ke -18. Gammarelli saat ini sudah menjahit jubah paus dalam ukuran kecil, sedang dan besar untuk dikenakan siapapun paus baru nanti.

"Kami sudah siapkan tiga jubah wol putih, sebuah selendang, sepatu berwarna merah, songkok dan mantel tanpa lengan dari beludru berwarna merah dengan pinggiran bulu berwarna putih, karena saat ini musim dingin," kata Lorenzo Gammarelli di tokonya di kota Roma.

"Kami bisa berharap bahwa jubah dan songkok ukurannya tidak akan terlalu jauh berbeda. Namun, untuk selendang agak sedikit sulit. Selain itu paus baru nanti tak mungkin mengenakan sepatu yang bukan ukurannya, jadi kami sediakan semua ukuran," lanjut dia.

Ini adalah sebuah misi penting bagi para penjahit kawakan Gammarelli. Kedekatan Gammarelli dengan Vatikan terlihat jelas dari semua foto paus yang kebutuhan pakaiannya pernah disediakan Gammarelli.

Foto-foto para paus itu dipajang di toko Gammarelli di pusat kota Roma. Foto-foto itu bak sertifikat yang menyatakan bahwa Gamarelli adalah penjahit resmi Vatikan.

"Bahan jubah paus murni dari wol. Tak ada wol khusus untuk paus. Ini adalah wol biasa yang kami gunakan juga untuk pelanggan lain yang memesan pakaian putih," kata Gammarelli.

Gammarelli menerangkan saat ini sebanyak enam orang penjahit bekerja khusus untuk mempersiapkan jubah paus, setelh Benediktus XVI mengumumkan pengunduran dirinya.

"Konklaf kali ini datang di waktu yang tak biasai. Kesibukan kami bertambah karena kami tidak mengharapkannya. Mundurnya Bapa Suci sangat mengejutkan kami," papar Gammarelli.

Saat ditanya siapa yang akan memberi sentuhan terakhir dan mengirim jubah paus ke Vatikan, Gammarelli hanya tersenyum.

Di tengah kerahasiaan sidang konklaf, hanya satu hal yang sudah dapat dipastikan. Paus baru nanti, saat muncul di depan umat Katolik di Lapangan Basilika St Petrus dan disaksikan seluruh dunia, akan mengenakan karya Gammarelli dari ujung kepala hingga ujung rambut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    Rekomendasi untuk anda
    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.