Kompas.com - 01/03/2013, 20:40 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Para kardinal dari seluruh dunia, Jumat (1/3/2013), diundang untuk menentukan jadwal digelarnya konklaf untuk mencari pengganti Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri.

Pemimpin College of Cardinals, Angelo Sodano, mengirim undangan untuk menghadiri "kongregasi pra-konklaf" yang akan digelar pada Senin (4/3/2013) pukul 09.30 waktu setempat.

Saat semua kardinal sudah berkumpul di Vatikan maka mereka baru akan menentukan tanggal dilakukannya sidang konklaf untuk mencari pemimpin 1,2 miliar umat Katolik sedunia.

Sesuai aturan, hanya para kardinal yang berusia di bawah 80 tahun yang mempunyai hak memilih. Sebanyak 115 orang kardinal akan menggelar konklaf di Kapel Sistine yang terkenal dengan lukisan dinding karya Michaelangelo pada pekan pertama Maret.

Salah satu putusan terakhir Benediktus XVI adalah mempersilakan para kardinal untuk memajukan jadwal konklaf. Secara tradisional, konklaf digelar 15-20 hari setelah kursi paus kosong. Pertimbangan untuk mempercepat konklaf karena tidak ada masa berkabung saat ini di Vatikan.

Pertemuan awal para kardinal nantinya juga diharapkan bisa mengerucutkan nama para kandidat potensial untuk menjadi paus yang baru sebelum konklaf digelar.

Di antara para kandidat kuat terdapat Uskup Agung Milan, Kardinal Angelo Scola (72), dan mantan Uskup Agung Quebec, Marc Ouellet (67).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.