Kompas.com - 01/03/2013, 12:14 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com — Di saat banyak negara dunia menganggap pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sebagai musuh dengan berbagai program persenjataan kontroversialnya, mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, justru menganggap Kim sebagai teman.

"Anda memiliki seorang teman untuk seumur hidup," kata Rodman kepada Kim Jong-Un.

Delegasi rombongan Rodman, Alex Detrick, kepada kantor berita Associated Press mengatakan, Rodman dan Kim Jong-Un menyaksikan pertandingan basket ekshibisi di Pyongyang.

Rodman, bersama tiga pemain Harlem Globetrotters, dan kru televisi VICE, berada di Korea Utara untuk produksi sebuah film dokumenter tentang negeri tertutup itu untuk HBO.

Perjalanan langka ini terjadi seusai uji coba nuklir Korea Utara yang banyak dikecam komunitas internasional.

Di luar urusan politik, Kim Jong-Un ternyata penggemar olahraga bola basket. Kepada Rodman, Kim berharap dengan kunjungan para bintang basket ini bisa mencairkan hubungan AS dan Korea Selatan.

Seusai menonton pertandingan, Kim mengundang rombongan Amerika itu untuk hadir dalam jamuan makan malam. Selanjutnya, koresponden VICE, Ryan Duffi mengundang Kim Jong-Un untuk berkunjung ke AS, sebuah undangan yang ditanggapi Kim Jong-Un dengan tertawa.

Dennis Rodman (51) menjulang namanya ketika memperkuat Chicago Bulls. Bersama Bulls, Rodman menjuarai NBA lima kali dan saat itu pemain berjuluk "The Worm" itu dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di NBA.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.