Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Rodman "Sahabat" Kim Jong-Un

Kompas.com - 01/03/2013, 12:14 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Di saat banyak negara dunia menganggap pemimpin Korea Utara Kim Jong-un sebagai musuh dengan berbagai program persenjataan kontroversialnya, mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, justru menganggap Kim sebagai teman.

"Anda memiliki seorang teman untuk seumur hidup," kata Rodman kepada Kim Jong-Un.

Delegasi rombongan Rodman, Alex Detrick, kepada kantor berita Associated Press mengatakan, Rodman dan Kim Jong-Un menyaksikan pertandingan basket ekshibisi di Pyongyang.

Rodman, bersama tiga pemain Harlem Globetrotters, dan kru televisi VICE, berada di Korea Utara untuk produksi sebuah film dokumenter tentang negeri tertutup itu untuk HBO.

Perjalanan langka ini terjadi seusai uji coba nuklir Korea Utara yang banyak dikecam komunitas internasional.

Di luar urusan politik, Kim Jong-Un ternyata penggemar olahraga bola basket. Kepada Rodman, Kim berharap dengan kunjungan para bintang basket ini bisa mencairkan hubungan AS dan Korea Selatan.

Seusai menonton pertandingan, Kim mengundang rombongan Amerika itu untuk hadir dalam jamuan makan malam. Selanjutnya, koresponden VICE, Ryan Duffi mengundang Kim Jong-Un untuk berkunjung ke AS, sebuah undangan yang ditanggapi Kim Jong-Un dengan tertawa.

Dennis Rodman (51) menjulang namanya ketika memperkuat Chicago Bulls. Bersama Bulls, Rodman menjuarai NBA lima kali dan saat itu pemain berjuluk "The Worm" itu dianggap sebagai salah satu pemain bertahan terbaik di NBA.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com