Paus Benediktus XVI Janjikan Kesetiaan kepada Paus Baru

Kompas.com - 28/02/2013, 18:47 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI, Kamis (28/2/2013), menjanjikan "kesetiaan tanpa syarat" kepada penerusnya kelak. Itulah sebagian kalimat perpisahannya di hadapan para kardinal di jam-jam terakhir masa pemerintahannya.

"Di antara Anda semua ada calon paus. Saya berjanji akan memberikan kesetiaan tanpa syarat kepadanya," kata Paus Benediktus XVI. Paus tampaknya berusaha meredam kekhawatiran munculnya konflik akibat situasi yang aneh karena terdapat dua paus, yaitu paus yang berkuasa dan paus yang pensiun.

Dalam pidato tanpa teksnya, Paus Benediktus XVI meminta kepada para kardinal untuk menepikan semua perbedaan saat mereka memilih penggantinya dalam sidang konklaf. Paus meminta agar para kardinal bersatu sehingga mereka bisa bekerja layaknya sebuah orkestra untuk menumbuhkan harmoni dan menepikan perbedaan.

Paus menambahkan, dia akan mendoakan semua kardinal yang akan berunding untuk memutuskan penggantinya. Keputusan Paus Benediktus XVI untuk menghabiskan sisa hidupnya di Vatikan, pemberian gelar "Paus Emeritus", dan keputusan tetap mengizinkan Benediktus XVI mengenakan jubah putih tanda kepala kepausan menimbulkan kekhawatiran dia akan menjadi bayang-bayang paus baru.

Namun, Benediktus XVI mencoba meredam kekhawatiran itu dengan mengatakan, dia akan "mundur dari dunia". Dalam sambutannya di Lapangan Basilika St Petrus, Paus Benediktus XVI memilih bentuk pelayanan lain untuk gereja, yaitu lewat doa.

Nanti, sebelum pukul 17.00 waktu setempat atau tepat tengah malam WIB, Paus Benediktus akan meninggalkan istana kepausan. Selanjutnya dia akan menuju helipad di bukit Vatikan dan terbang ke istana peristirahatan paus di Castel Gandolfo, sebelah selatan kota Roma.

Tepat pukul 20.00, Benediktus XVI secara resmi akan melepaskan jabatannya sebagai paus dan menjadi paus pertama dalam 600 tahun yang mengundurkan diri. Lalu, pintu istana akan ditutup, pasukan Garda Swiss akan diliburkan dan tugas mereka untuk menjaga pemimpian gereja Katolik dunia untuk sementara berakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.