Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Pakistan Ledakkan Empat Sekolah

Kompas.com - 28/02/2013, 13:46 WIB

PESHAWAR, KOMPAS.com — Pemerintah Pakistan menuding kelompok Taliban melakukan serangan bom terhadap empat sekolah khusus laki-laki di Distrik Mohmand di kawasan sabuk kesukuan di perbatasan Afganistan, Kamis (28/2/2013).

Beruntung tak satu pun siswa menjadi korban karena serangan bom dilakukan pada dini hari. Dengan peristiwa ini, secara total Taliban sudah menghancurkan lebih dari 100 sekolah.

"Kelompok militan Tehrek-e-Taliban Mohmand meledakkan empat sekolah pada sekitar pukul 02.30 dini hari," ujar seorang aparat intelijen Pakistan di Mohmand.

Seorang pejabat pemerintahan setempat, Liaqat Ali, membenarkan serangan itu dan mengatakan bahwa kelompok Taliban menanam bom rakitan hingga dinamit di gedung sekolah yang dihancurkan itu.

"Keempat sekolah hancur total. Sejauh ini jumlah sekolah yang sudah dihancurkan di Mohmand mencapai 100 buah," kata Ali.

Kelompok militan yang menentang sistem pendidikan, terutama untuk perempuan, sudah menghancurkan ratusan sekolah di Pakistan barat daya selama beberapa tahun terakhir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com