Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore Nanti, Sky Aviation Terima Sukhoi Perdana

Kompas.com - 28/02/2013, 11:23 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com —  Maskapai penerbangan Sky Aviation menerima pesawat terbang komersial Sukhoi Superjet-100 untuk kali pertama  pada Kamis (28/2/2013) sore di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kedatangan pesawat berbanderol sewa sekitar 300 ribu dollar AS per unit itu merupakan realisasi penandatanganan akta serah terima antara maskapai tersebut dengan perusahaan milik negara Rusia, Sukhoi Civil Aircraft Company (SCAC), di Ulyanovsk, Rusia, pada 29 Desember 2012.

Pihak Sky Aviation bakal menempatkan pesawat yang mampu mengangkut hingga 95 penumpang itu pada rute-rute kawasan Timur  Indonesia. Trayek yang akan dilayani pesawat ini antara lain Makassar-Sorong-Jayapura (pergi pulang), Makassar-Luwuk (pp), Makassar-Denpasar (pp), dan Makassar-Balikpapan (pp).

Sampai dengan akhir 2013, Sky Aviation akan mendatangkan lima dari 12 Sukhoi Superjet-100 pesanannya. Menurut General Marketing Sky Aviation Sutito Zainudin, Senin (25/2/2013), jatuhnya pesawat seri ini saat joyflight di Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat, pada 9 Mei 2012 silam memang menorehkan kisah yang tak terlupakan. Namun, hal tersebut, kata Sutito, tak lantas menjadikan justifikasi terhadap produk hasil teknologi Rusia ini. "Kami akan membuktikan kalau Sukhoi Superjet-100 aman serta mampu kembali mendapat kepercayaan publik,"katanya.  

Awalnya, Sky Aviation adalah maskapai penerbangan yang bergerak di bidang pesawat tak berjadwal pada 2010. Manajemen kemudian melakukan perubahan dengan ekspansi maskapai penerbangan itu di layanan penerbangan berjadwal.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com