Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salam Perpisahan Benediktus

Kompas.com - 28/02/2013, 02:10 WIB

Vatikan, Rabu - Paus Benediktus XVI menyampaikan salam perpisahan dalam audiensi terakhirnya yang dihadiri 150.000 orang di Lapangan Santo Petrus, Rabu (27/2). Menjelang akhir delapan tahun kepausannya, Benediktus mengakui beratnya keputusan untuk mengundurkan diri, yang dia lakukan untuk kebaikan Gereja.

Dengan senyum hangat, Paus membalas sapaan hadirin saat mengelilingi lapangan menggunakan mobil kepausan. Di beberapa tempat, mobil itu berhenti sejenak saat Paus mencium dan memberkati enam anak yang digendong ke hadapannya.

Sehari sebelum mengundurkan diri secara resmi, Paus mengganti pesan yang biasanya disampaikan saat audiensi mingguan dengan membagi pengalamannya selama hampir delapan tahun menjadi pemimpin 1,2 miliar umat Katolik.

”Saya mengalami masa bahagia dan menyenangkan, tetapi juga saat yang tidak mudah, saat laut bergejolak dan angin kencang,” ujarnya. Namun, dia tidak pernah merasa sendiri karena Tuhan selalu membimbingnya.

Paus juga mengucapkan terima kasih kepada para kardinal dan pembantunya atas ”dukungan dan pengertian yang diberikan atas keputusan untuk mundur”.

Langit yang cerah memayungi Lapangan Santo Petrus sepanjang audiensi. Vatikan semula menerima permintaan 50.000 tiket untuk menghadiri audiensi itu, tetapi jumlah yang hadir mencapai tiga kali lipat.

Paus emeritus

Sehari sebelumnya, Vatikan mengumumkan Paus akan disebut ”Paus Emeritus Benediktus XVI” dan tetap disapa ”Yang Mulia” setelah pensiun. Dia tetap mengenakan jubah putih sederhana tanpa penutup bahu dan mengganti sepatu nelayannya dengan sepatu kasual coklat.

Sebanyak 70 kardinal menghadiri audiensi terakhir Benediktus. Namun juru bicara Vatikan, Pastor Federico Lombardi, mengatakan, pertemuan Dewan Kardinal paling cepat pada Senin, 4 Maret. Undangan resmi bagi para kardinal untuk berkumpul baru disampaikan pada Jumat, hari pertama kosongnya takhta kepausan atau dikenal sebagai sede vacante.

Dalam pertemuan itu, mereka akan membahas masalah yang dihadapi Gereja dan tanggal dimulainya konklaf. Sebelumnya, Paus membuka peluang pelaksanaan konklaf diajukan, lebih cepat dari 15 hari sede vacante yang ditentukan sebelumnya.

Sebanyak 115 kardinal berusia kurang dari 80 tahun akan mengikuti konklaf untuk memilih Paus baru. Dua kardinal yang berhak memilih, yakni Keith O’Brien (Inggris) dan Julius Darmaatmadja (Indonesia), memutuskan tak mengikuti konklaf. Kardinal Darmaatmadja akhir pekan lalu mengatakan, penglihatannya menurun dan tak mendukung untuk mengikuti konklaf.

Benediktus mengakhiri harinya sebagai Paus, Kamis, dengan bertemu para kardinal, lalu diterbangkan ke rumah peristirahatan di Castel Gandolfo.(AP/AFP/Reuters/was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com