Kompas.com - 27/02/2013, 23:45 WIB
EditorHindra

GHAZNI, KOMPAS.com — Pihak berwenang Afganistan mengatakan, kelompok perlawanan menewaskan 17 orang dalam serangan di Provinsi Ghazni, di Afganistan tengah.

Kelompok perlawanan melancarkan aksi mereka pada Selasa (26/2/2013) malam waktu setempat. Mereka menyusup ke markas kepolisian di Ghazni dan meracuni para korban sebelum menembak mereka.

Gubernur Provinsi Ghazni, Musa Khan Akbarz, kepada BBC mengatakan, para korban ditembak ketika tidur di markas polisi. Sebanyak 11 korban tercatat sebagai anggota polisi. Korban lainnya diperkirakan merupakan teman-teman para polisi yang menjenguk mereka.

Gubernur mengatakan, dua penjaga ditahan dan tengah diinterogasi mengapa mereka gagal menghentikan aksi para penyerang. Kepala kepolisian Ghazni telah diminta ke lokasi untuk memimpin penyelidikan.

Merangkak di bawah bus

Baik Taliban maupun Al Qaeda diketahui beroperasi di Provinsi Klik Ghazni. Beberapa jam setelah serangan terjadi, Taliban mengaku kelompok itu melakukan serangan.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan, mereka menembak mati para korban, tetapi tidak meracuni mereka terlebih dulu. Perlawanan di provinsi itu meningkat tahun lalu dan sejak itu masalah keamanan memburuk di sana.

Di tempat terpisah, seorang pengebom bunuh diri melancarkan serangan di Kabul pada Rabu (27/2/2013). Ia meledakkan diri setelah merangkak ke bawah bus yang mengangkut personel militer. Aksi itu menyebabkan enam orang tentara dan empat warga sipil luka-luka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.