Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLO Ajak Boikot Maraton Jerusalem

Kompas.com - 27/02/2013, 22:59 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) mengajak atlet pelari dan sponsor untuk memboikot lomba maraton Jerusalem 2013 sebagai bentuk sikap antikependudukan Israel.

Menurut PLO—satu faksi di negara Palestina, penolakan itu ditujukan pada tindakan Israel yang telah melanggar hak asasi manusia dengan melakukan pendudukan wilayah timur Jerusalem. PLO mengatakan bahwa wilayah tersebut adalah wilayah negara Palestina.

Dalam pernyataannya, PLO bersama Komite Olimpik Palestina serta Federasi Atletik Palestina menyebut penyelenggaraan lomba tersebut memperlihatkan sikap demonstratif Pemerintah Israel yang "rasial" dengan membuat rute dari barat ke timur. Menurut mereka, semua wilayah di Jerusalem tersebut telah bersatu.

"Memberi sponsor atau ikut serta dalam lomba ini menunjukkan simpati atau dukungan baik secara individu maupun kelompok atas pendudukan Israel serta kebijakan rasial di Jerusalem."

Israel menguasai Jerusalem timur dalam perang enam hari yang berlangsung pada 1967.

Lomba maraton Jerusalem akan berlangsung pada Jumat dan melombakan nomor maraton 42 kilometer serta setengah maraton dengan jarak hanya 10 kilometer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com