Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Pakistan Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Kompas.com - 27/02/2013, 20:00 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Sekelompok penyerang yang belum diketahui identitasnya menembak mati seorang wartawan senior Pakistan di kawasan suku-suku di wilayah barat daya Pakistan, Rabu (27/2/2013).

Malik Mumtaz, wartawan stasiun televisi Geo dan surat kabar dari grup media yang sama, ditembak mati di Miranshah, kota utama di kawasan suku Waziristan Utara.

Kawasan suku-suku di sepanjang perbatasan dengan Afganistan merupakan "rumah" berbagai kelompok militan dan pemberontak yang memerangi pemerintah Pakistan.

Namun, kelompok Taliban Pakistan mengecam pembunuhan Mumtaz, yang adalah mantan ketua jurnalis setempat dan sudah bekerja di kawasan itu selama 20 tahun.

"Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke arah kendaraannya ketika Mumtaz sedang menuju ke kediamannya. Dia tewas di tempat," kata seorang pejabat intelijen setempat.

Presiden persatuan wartawan setempat, Noor Behram membenarkan tewasnya Mumtaz dan menetapkan masa berkabung selama tujuh hari.

Sementara itu juru bicara Taliban Pakistan membantah faski Tehreek-e-Taliban terlibat pembunuhan itu dan mengecam keras insiden tersebut.

"Dia adalah wartawan yang baik dan melayani masyarakat dengan baik. Kami mengecam pembunuhannya dan menghormati pekerjaan yang sudah dilakukannya untuk rakyat setempat," kata juru bicara Tehreek-e-Taliban, Ehsanullah Ehsan kepada AFP lewat saluran telepon.

Mumtaz meninggalkan seorang istri dua putra dan satu orang putri.

Menurut kelompok aktivis media Reporters Without Borders, Pakistan adalah negeri paling berbahaya ketiga untuk wartawan, setelah Suriah dan Somalia. Tahun lalu sebanyak 10 orang wartawan tewas dibunuh di Pakistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com