Kompas.com - 27/02/2013, 19:09 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI sudah menyampaikan khotbah di hadapan puluhan ribu orang di Lapangan Santo Petrus dalam misa mingguan terakhirnya sebelum mengundurkan diri, Rabu (27/2/2013).

Dalam khotbahnya, Paus mengatakan, dia merasakan Tuhan selalu bersamanya setiap hari dalam kepemimpinannya, menghadapi kegembiraan, maupun masa-masa yang sulit.

Paus menambahkan, dia menyadari keseriusan dari pengunduran dirinya, tetapi tetap memutuskannya karena keyakinannya atas Tuhan dan gereja.

"Saya mengambil keputusan ini dengan sepenuhnya sadar akan keseriusannya, tetapi dengan kedamaian hati. Mencintai gereja berarti cukup berani untuk mengambil keputusan yang sulit," tuturnya.

Paus Benediktus XVI merupakan paus pertama yang mengundurkan diri sejak pengunduran diri Paus Gregory XII tahun 1415.

Vatikan mengatakan, penggantinya diharapkan sudah terpilih sebelum perayaan Paskah, akhir Maret mendatang.

Paus Emeritus

Puluhan ribu orang dari berbagai negara menghadiri misa terakhir yang dipimpin Paus tersebut dan mereka sudah berdatangan beberapa jam sebelum misa dimulai.

Mereka membawa berbagai spanduk dan gambar Paus Benediktus serta meneriakkan "terima kasih" ketika Paus berkeliling dengan kendaraan saat menuju mimbar.

Sebagian dari mereka mengikuti misa melalui televisi layar lebar yang dipasang di berbagai tempat.

Halaman:
Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.