Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benediktus XVI Akan Bergelar Paus Emeritus

Kompas.com - 27/02/2013, 10:53 WIB

VATIKAN, KOMPAS.com  Paus Benediktus XVI akan secara resmi bergelar "Paus Emeritus" setelah ia mengundurkan diri pada Kamis (28/2/2013) besok. Demikian kata pihak Vatikan. Pengunduran dirinya itu akan membuat dia menjadi pemimpin gereja Katolik pertama yang melakukan hal tersebut sejak abad pertengahan.

Benediktus masih dapat disapa sebagai "Yang Mulia Benediktus XVI" dan akan bergelar "Paus Emeritus Roma". Demikian kata Juru Bicara Vatikan, Federico Lombardi, kepada wartawan, Selasa.

Menurut Pater Lombardi, Benediktus juga tetap dapat memakai jubah putih yang biasanya disediakan hanya untuk paus dan akan terus menggunakan sepatu yang diberikan kepadanya oleh perajin di Meksiko saat kunjungannya ke negeri itu tahun lalu.

Juru Bicara Vatikan itu juga mengatakan bahwa serangkaian pertemuan para kardinal untuk menetapkan tanggal awal dari konklaf (sidang para kardinal) untuk memilih pengganti Benediktus bisa dimulai hari Senin, 4 Maret.

Lombardi mengatakan, Paus telah menyortir dokumen-dokumen resmi dari kantornya yang akan tetap ditinggalkan di Vatikan dan sejumlah catatan pribadi yang akan dia bawa ke tempat pensiunannya.

Benediktus melakukan audiensi umum terakhir di Lapangan Santo Petrus pada Rabu ini sebelum ia secara resmi mundur pada Kamis besok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com