Kompas.com - 27/02/2013, 10:53 WIB
EditorEgidius Patnistik

VATIKAN, KOMPAS.com  Paus Benediktus XVI akan secara resmi bergelar "Paus Emeritus" setelah ia mengundurkan diri pada Kamis (28/2/2013) besok. Demikian kata pihak Vatikan. Pengunduran dirinya itu akan membuat dia menjadi pemimpin gereja Katolik pertama yang melakukan hal tersebut sejak abad pertengahan.

Benediktus masih dapat disapa sebagai "Yang Mulia Benediktus XVI" dan akan bergelar "Paus Emeritus Roma". Demikian kata Juru Bicara Vatikan, Federico Lombardi, kepada wartawan, Selasa.

Menurut Pater Lombardi, Benediktus juga tetap dapat memakai jubah putih yang biasanya disediakan hanya untuk paus dan akan terus menggunakan sepatu yang diberikan kepadanya oleh perajin di Meksiko saat kunjungannya ke negeri itu tahun lalu.

Juru Bicara Vatikan itu juga mengatakan bahwa serangkaian pertemuan para kardinal untuk menetapkan tanggal awal dari konklaf (sidang para kardinal) untuk memilih pengganti Benediktus bisa dimulai hari Senin, 4 Maret.

Lombardi mengatakan, Paus telah menyortir dokumen-dokumen resmi dari kantornya yang akan tetap ditinggalkan di Vatikan dan sejumlah catatan pribadi yang akan dia bawa ke tempat pensiunannya.

Benediktus melakukan audiensi umum terakhir di Lapangan Santo Petrus pada Rabu ini sebelum ia secara resmi mundur pada Kamis besok.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X