Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepekan, Perempuan Nepal 2 Kali Mendaki Everest

Kompas.com - 25/02/2013, 22:11 WIB
Pieter P Gero

Penulis

KATMANDU, KOMPAS.com - Seorang perempuan pendaki gunung asal Nepal, Chhurim (29), mendapat pengakuan dari Guinness World Record, karena keberhasilannya mendaki gunung tertinggi dunia, Everest, sebanyak dua kali pada musim pendakian yang sama.

Menteri Pariwisata Nepal, Posta Bahadur Bogati, sebagaimana dilaporkan kantor berita AP, Senin (25/2/2013), menyerahkan sertifikat yang dikeluarkan Guinness World Record kepada Chhurim.

Perempuan itu mendaki hingga puncak pada ketinggian 8.850 meter pada 12 Mei 2012.

Seminggu kemudian yakni pada 19 Mei, Chhurim mendaki lagi dan mencapai puncak pada ketinggian yang sama yakni 8.850 meter.

Chhurim sebagaimana kebanyakan nama para Sherpa atau pemandu Nepal yang hanya punya satu nama, mengatakan, dia berniat untuk kembali lagi mendaki ke puncak tertinggi Everest pada masa mendatang. Namun dia tidak merinci lebih jauh kapan dia akan mendaki lagi.

Menurut Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, puncak Gunung Everest sudah didaki hampir 4.000 orang, namun jumlah pendaki perempuan hanya sejumlah kecil saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com