Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fatah Akan Balas Kematian Tahanan Palestina

Kompas.com - 25/02/2013, 17:32 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com - Brigade Al-Aqsa, sayap militer kelompok Fatah pimpinan Presiden Mahmud Abbas, Senin (25/2/2013), bersumpah untuk membalaskan kematian seorang tahanan Palestina yang tewas di sebuah penjara Israel beberapa hari lalu.

"Kejahatan ini (menyiksa tahanan) tak akan hilang begitu saja tanpa pembalasan. Kami berjanji kami akan membalas kejahatan Zionis ini," demikian pernyataan Brigade Al-Aqsa yang disebarkan dalam pemakaman Arafat Jaradat.

Para anggota brigade, berada di antara warga di pemakaman Arafat Jaradat di Sair dekat kota Hebron, Tepi Barat. Para pelayat terlihat mengibarkan bendera Fatah dan Palestina.

"Brigade Al-Aqsa, berduka atas kematian pahlawannya, sang martir kemerdekaan, Arafat Jaradat," tambah pernyataan itu, sekaligus memastikan Arafat adalah anggota kelompok itu.

Sebelumnya, Menteri Urusan Tahanan Palestina Issa Qaraqaa menuding Israel menyiksa Arafat Jaradat hingga tewas. Issa menyebut tanda penyiksaan ditemukan dalam otopsi yang dilakukan tim Israel-Palestina.

Qaraqaa mengatakan otopsi jenazah Jaradat dilakukan di institut forensik nasional Israel di bawah pengawasan seorang dokter Palestina.

Hasil otopsi itu menunjukkan tanda-tanda memar di dada Jaradat, kerusakan otot dan sejumlah tulang rusuk patah.

Israel juga merilis hasil otopsi namun menekankan bahwa tulang rusuk yang patah bisa mengakibatkan gangguan saat bernafas.

"Hasil temuan awal ini belum bisa menentukan dengan pasti penyebab kematian korban," demikian pernyatan resmi Kementerian Kesehatan Israel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com