Kompas.com - 25/02/2013, 17:32 WIB
EditorErvan Hardoko

RAMALLAH, KOMPAS.com - Brigade Al-Aqsa, sayap militer kelompok Fatah pimpinan Presiden Mahmud Abbas, Senin (25/2/2013), bersumpah untuk membalaskan kematian seorang tahanan Palestina yang tewas di sebuah penjara Israel beberapa hari lalu.

"Kejahatan ini (menyiksa tahanan) tak akan hilang begitu saja tanpa pembalasan. Kami berjanji kami akan membalas kejahatan Zionis ini," demikian pernyataan Brigade Al-Aqsa yang disebarkan dalam pemakaman Arafat Jaradat.

Para anggota brigade, berada di antara warga di pemakaman Arafat Jaradat di Sair dekat kota Hebron, Tepi Barat. Para pelayat terlihat mengibarkan bendera Fatah dan Palestina.

"Brigade Al-Aqsa, berduka atas kematian pahlawannya, sang martir kemerdekaan, Arafat Jaradat," tambah pernyataan itu, sekaligus memastikan Arafat adalah anggota kelompok itu.

Sebelumnya, Menteri Urusan Tahanan Palestina Issa Qaraqaa menuding Israel menyiksa Arafat Jaradat hingga tewas. Issa menyebut tanda penyiksaan ditemukan dalam otopsi yang dilakukan tim Israel-Palestina.

Qaraqaa mengatakan otopsi jenazah Jaradat dilakukan di institut forensik nasional Israel di bawah pengawasan seorang dokter Palestina.

Hasil otopsi itu menunjukkan tanda-tanda memar di dada Jaradat, kerusakan otot dan sejumlah tulang rusuk patah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Israel juga merilis hasil otopsi namun menekankan bahwa tulang rusuk yang patah bisa mengakibatkan gangguan saat bernafas.

"Hasil temuan awal ini belum bisa menentukan dengan pasti penyebab kematian korban," demikian pernyatan resmi Kementerian Kesehatan Israel.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.