Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Arena Game" untuk Lupakan Tragedi Maut Sandy Hook

Kompas.com - 25/02/2013, 12:14 WIB

polygon.com

KOMPAS.com - "Arena Ketangkasan Sandy Hook" adalah sebuah fasilitas yang dibuka pertengahan Februari ini di kota Newtown, Connecticut, Amerika Serikat. Tujuan utamanya hanya satu, menghapus trauma warga, terutama anak kecil, atas tragedi penembakan yang menyentak dunia.

Pada tanggal 14 Desember 2012, sebuah insiden penembakan berlangsung di sekolah dasar Sandy Hook, kota Newton. Pelakunya, Adam Lanza, memberondongkan senapan serbu ke dalam sekolah mengakibatkan 20 anak dan enam orang dewasa meninggal, termasuk ibunya sendiri. Lanza sendiri kemudian bunuh diri dengan senjatanya.

Setelah kejadian tersebut, trauma dan rasa kehilangan yang dirasakan warga kota kecil Newton. Itulah yang mendorong dua warga disana, Andrew Clure dan Scott Cicciari untuk membangun arena ketangkasan. "Ini adalah komitmen kami sebagai orang tua maupun warga untuk memperkenalkan nilai dasar dari Kota Newton, yakni keluarga," ujar keduanya yang dikutip situs Polygon.

Saat meminta bantuan kepada industri maupun masyarakat setempat, responnya sungguh luar biasa. Tempat usaha kecil di Newton atau bahkan perusahaan dari negara bagian lainnya turut menyumbang, tidak lupa warga setempat hingga pejabat pemerintahan lokal.

Isi dari arena ketangkasan tersebut adalah permainan analog maupun digital. Ada mesin pinball yang berdampingan dengan game menggunakan teknologi pengenal gerakan, Kinect. Para pengunjung bisa bermain dengan gratis, kecuali tamu dari luar kota yang diwajibkan menyumbang untuk menutup biaya operasional.

Pada tanggal 16 Februari, akhirnya arena ketangkasan itu resmi dibuka. Tempat itu rencananya bakal beroperasi setiap akhir pekan.

polygon.com

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com