Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Pakistan Bantah Terlibat Pembunuhan Syiah

Kompas.com - 22/02/2013, 15:42 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Militer Pakistan, Jumat (22/1/2013), membantah telah bekerja sama dengan kelompok ekstremis yang mengklaim bertanggung jawab atas serangkaian serangan bom terhadap umay Syiah Pakistan yang sudah menewaskan lebih dari 200 orang selama beberapa pekan terakhir.

"Angkatan bersenjata tidak pernah berhubungan dengan kelompok militan manapun, termasuk Lashkar-e-Jangvi (LeJ)," kata juru bicara Angkatan Bersenjata, Mayor Jenderal Asim Bajwa.

LeJ adalah kelompok militan Sunni paling ekstrim di Pakistan dan terkait baik dengan Al-Qaeda dan Taliban Pakistan. Semua kelompok ini memerangi angkatan bersenjata Pakistan.

"Militer tak akan tinggal dia jika kaitan ini memang ada," tambah Bajwa.

LeJ adalah pecahan dari kelompok mujahidin Afganistan yang didanai Badan Intelijen AS (CIA) dan didukung Badan Intelijen Pakistan (ISI) saat memerangi Uni Soviet pada dekade 1980-an.

LeJ mengaku bertanggung jawab atas serangan bom di Quetta yang menewaskan 92 orang warga Syiah pada 10 Januari lalu. Sementara dua serangan bom pada bulan Februari yaitu pada tanggal 1 dan 16 menewaskan total 113 warga Syiah di Quetta.

Menurut Human Right Watch (HRW) tahun lalu merupakan tahun paling buruk dalam sejarah serangan terhadap Syiah Pakistan, dengan lebih dari 400 orang tewas dalam berbagai insiden kekerasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com