Kompas.com - 22/02/2013, 13:55 WIB
EditorErvan Hardoko

LONDON, KOMPAS.com — Perusahaan yang membangun gedung pencakar langit Shard di London terpilih untuk membangun menara di Arab Saudi yang direncanakan akan menjadi yang tertinggi di dunia.

Tim Mace dari London akan bekerja sama dengan perusahaan Inggris EC Harris untuk membangun Kingdom Tower di Jeddah.

Jika usai nanti, bangunan itu akan mencapai ketinggian 1.000 meter, atau tiga kali lebih tinggi dari Shard.

Menara itu juga akan 170 meter lebih tinggi dari bangunan tertinggi dunia saat ini, yaitu Burj Khalifa di Dubai.

Pembangunan Kingdom Tower, yang akan menghadap Laut Merah tersebut, diperkirakan menghabiskan dana sekitar 780 juta poundsterling (Rp 11,5 triliun) dan akan memakan waktu lima tahun.

Gedung itu akan terdiri dari hotel bintang lima, apartemen, ruang kantor, dan observatorium untuk mengamati benda-benda langit.

Mark Reynolds, Direktur Utama Mace, mengatakan, "Kingdom Tower adalah sebuah proyek yang memiliki kepentingan dan ambisi internasional, dan kami sangat senang bisa menjadi bagian dari tim gabungan untuk mewujudkannya."

Keith Brooks, kepala properti dan infrastruktur sosial di EC Harris, mengatakan, "Kingdom Tower adalah bangunan penting yang akan menunjukkan ambisi Arab Saudi kepada dunia."

Jeddah Economic Company, yang menunjuk kedua perusahaan itu, mengatakan bahwa menara tersebut adalah visi Pangeran Al-Waleed bin Talal.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.