Kardinal Julius Darmaatmadja Tidak Hadiri Konklaf

Kompas.com - 22/02/2013, 12:22 WIB
EditorErvan Hardoko

JAKARTA, KOMPAS.com — Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja dari Indonesia, satu dari 117 kardinal yang diharapkan hadir dalam sidang konklaf, menyatakan tidak akan datang ke Roma karena alasan kesehatan.

Kardinal Julius Riyadi Darmaatmadja (78) mengatakan, penglihatannya terganggu, sehingga dia tidak akan bisa membaca berbagai teks, material, peraturan, dan lain sebagainya yang terkait sidang konklaf.

"Saya tidak akan berangkat. Pandangan mata saya memburuk, membuat saya tak bisa ikut (konklaf)," kata Darmaatmadja yang dikutip majalah Hidup edisi 24 Februari 2013.

"Sehingga, saya meminta maaf kepada Gereja Katolik Indonesia karena saya tak bisa mewakili umat Katolik Indonesia dalam ajang penting ini," sambung dia.

Paus Benediktus XVI akan resmi meletakkan jabatan pada 28 Februari mendatang pada pukul 19.00 GMT. Dia menjadi paus kedua yang meletakkan jabatan atas kemauan sendiri sepanjang 2.000 tahun sejarah Gereja Katolik.

Terkait keputusan Paus Bendiktus XVI itu, Kardinal Darmaatmadja menyatakan mendukung keputusan itu. Dia menambahkan, dirinya juga meletakkan jabatan sebagai Uskup Agung Jakarta beberapa tahun lalu karena menurunnya kesehatan.

"Kekuatan saya semakin berkurang, kemampuan membaca saya semakin lemah. Tugas-tugas ini membutuhkan kekuatan, kecepatan, dan kegesitan," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sidang konklaf diharapkan dihadiri semua kardinal yang memiliki hak pilih, yang kemudian akan menggelar pertemuan tertutup di Kapel Sistine untuk memilih pemimpin Gereja Katolik yang baru.

Sidang Konklaf dijadwalkan dimulai antara 15 dan 19 Maret mendatang, meskipun ada kemungkinan Paus Benediktus XVI akan menerbitkan dekrit untuk mempercepat pelaksanaan konklaf.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.