Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Serang Masjid di Kenya, 7 Tewas

Kompas.com - 21/02/2013, 19:32 WIB

NAIROBI, KOMPAS.com - Sekelompok orang bersenjatakan senapan mesin AK-47 menyerang sebuah masjid di kota Garissa, Kenya Timur, Kamis (21/2/2013), menewaskan tujuh orang. Serangan ini terjadi hanya dua pekan menjelang pemilu presiden di negeri itu.

Para korban terdiri atas lima orang pria yang sedang menjalankan ibadah di dalam masjid. Korban lainnya adalah dua perempuan yang memeriksa keributan di masjid.

"Motif penyerangan belum diketahui," kata Komisioner Polisi Garissa, Maalim Mohammed.

Serangan itu terjadi di sebuah desa kecil Maayleey yang terletak sekitar 50 km dari perbatasan dengan Somalia. Mohammed mengatakan aparat keamanan Kenya saat ini tengah melakukan pengejaran terhadap para tersangka pelaku.

Wilayah timur Kenya khususnya di dekat perbatasan dengan Somalia kerap mendapat serangan teror. Serangan itu diduga dilakukan kelompok militan Somalia Al-Shabab yang berikrar untuk menyerang Kenya sejak negara itu mengirimkan tentaranya ke Somalia pada 2011 lalu.

Serangan yang terjadi hanya dua pekan menjelang pemilihan presiden Kenya pada 4 Maret mendatang, menimbulkan kekhawatiran Al-Shabab akan mencoba mengganggu jalannya pemilihan umum.

Akhir pekan lalu, seorang anggota kelompok militan tewas di Garissa saat bom yang ditanamnya meledak. Bom itu ditanam di salah satu lokasi tempat seorang kandidat presiden Kenya akan melakukan kampanye.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com