Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD DKI: Kami Bukan Tukang Stempel

Kompas.com - 21/02/2013, 17:16 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Terkait mutasi Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI, Ketua DPRD DKI Ferrial Sofyan mengatakan, dia belum menerima surat rekomendasi nama yang akan menjadi Wali Kota Jakarta Selatan.

"Enggak tahu, saya belum dapat surat rekomendasinya. Kami itu kan bukan tukang stempel," kata Ferrial di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Mantan Wali Kota Jakarta Selatan Anas Effendi telah dimutasi menjadi Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah DKI. Saat ini, jabatan Wali Kota Jakarta Selatan pun diisi oleh Pelaksana Harian (Plh), yaitu Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor.

Menurut Ferrial, pihak DPRD belum pernah ada komunikasi terkait bersama pihak Pemprov DKI. Untuk merumuskan siapa yang akan menjadi Wali Kota, tentunya harus mendapat persetujuan dari DPRD DKI. "Kami kan juga perlu komunikasi, saya belum pernah dengar apa-apa kok, belum pernah hubungan dengan orang Pemprov DKI soal itu. Jadi mengajukan ini mengajukan itu, ya untuk apa?," kata Ferrial.

Terkait penggantian Anas Effendi di kursi Wali Kota Jakarta Selatan, Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama beberapa waktu lalu pernah mengatakan kalau nama itu masih harus mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Kamis (14/2/2013) lalu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah melantik sebanyak 20 pejabat eselon II. Salah satu pejabat eselon II yang terkena mutasi adalah Anas Effendi. Namun, ia tak menghadiri acara pelantikan tersebut karena alasan sedang ada keperluan lain, yaitu rapat. Saat ini posisi Wali Kota Jakarta Selatan ditempati oleh Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Syamsudin Noor yang menjadi Pelaksana Harian (Plh).

Setelah Anas dimutasi, dia pun menghilang bak ditelan bumi. Beberapa hari lalu, dia didampingi dengan stafnya datang secara diam-diam untuk bertemu dengan Jokowi dan Basuki. Namun, hanya jawaban 'No Comment' yang terlontar dari mulut Anas.

Karena dia belum dilantik menjadi Kepala BPAD DKI, Anas pun belum pernah masuk untuk memimpin di kantor barunya. Pada Jumat (22/2/2013) esok Jokowi telah memerintahkan Sekretaris Daerah Fadjar Panjaitan untuk memanggil Anas dan menghadap kepadanya. Terkait pelantikan Wali Kota Jakarta Selatan yang baru, Basuki mengatakan masih akan menunggu persetujuan DPRD DKI.

"Enggak tahu saya, bisa tunggu waktu lagi. Masih menunggu persetujuan DPRD, sudah diajukan semuanya ke DPRD," ujar pria yang akrab disapa Ahok tersebut.

Berita terkait, baca :

GEBRAKAN JOKOWI-BASUKI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com