Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini India Luncurkan Satelit ke Mars

Kompas.com - 21/02/2013, 15:30 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — India akan meluncurkan misi angkasa luar ke Mars tahun ini. Demikian disampaikan Presiden India Pranab Mukherjee, Kamis (21/2/2013).

"Sejumlah misi ke angkasa luar direncanakan pada 2013, termasuk misi pertama India ke Mars dan peluncuran satelit navigasi pertama India," kata Mukherjee dalam pidatonya di hadapan parlemen.

Badan Riset Angkasa Luar India juga akan menempatkan satelit pertama dari tujuh satelit yang merupakan bagian dari sistem satelit navigasi regional India (IRNSS). Sistem ini adalah versi India dari global positioning system (GPS).

Sementara itu, satelit untuk misi ke Mars akan diluncurkan pada Oktober. Satelit ini nantinya akan mencari tanda-tanda kehidupan dan penyebab hilangnya atmosfer Mars.

Satelit ini membutuhkan waktu 300 hari untuk tiba di orbit Mars. Diperkirakan satelit India ini akan mencapai Mars pada September tahun depan.

Mukherjee menambahkan, program-program angkasa luar India menjadi contoh kemajuan sains dan teknologi negeri itu dan akan menguntungkan India di masa mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com