Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut: Negara yang Tunduk pada AS Akan Celaka

Kompas.com - 21/02/2013, 14:21 WIB

PYONGYANG, KOMPAS.com — Pemerintah Korea Utara kembali melayangkan "perlawanan" terhadap Amerika Serikat, terkait uji coba nuklir yang banyak dikecam komunitas internasional.

Pemerintah Korea Utara, Kamis (21/2/2013), mengatakan, setiap negara yang menuruti kemauan AS untuk menghentikan program nuklirnya akan menghadapi "konsekuensi tragis".

Salah satu contoh negara yang menghentikan program nuklirnya adalah Libya. Pada 2003 lalu Libya menghentikan program nuklirnya demi memperbaiki hubungan dengan Amerika Serikat.

Namun, akhirnya pemimpin Libya Moammar Khadafy tumbang dalam pemberontakan yang didukung Washington. Korea Utara menyatakan tidak akan melakukan kesalahan yang sama dengan Libya.

"Konsekuensi tragis negara-negara yang menghentikan program nuklirnya membuktikan bahwa DPRK (Korea Utara) tak akan melakukan hal yang sama terkait opsi nuklir," demikian kantor berita Korut KCNA.

Korea Utara bahkan sudah memberi tahu China, satu-satunya sekutu negeri itu, bahwa pihaknya akan melanjutkan uji coba nuklir ke tahap selanjutnya.

Sebelumnya, Korea Utara juga mengeluarkan ancaman akan menghancurkan Korea Selatan, negeri tetangganya yang demokratis dan kaya.

Namun, banyak pengamat militer menilai Korea Utara tak mampu menghadapi militer Korea Selatan yang didukung Amerika Serikat sehingga para pemimpin negeri itu tak akan gegabah memulai sebuah perang terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com