Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecepatan Topan Terus Meningkat

Kompas.com - 21/02/2013, 04:14 WIB

Jerez, Selasa - Pebalap motor Indonesia, Rafid Topan Sucipto, menunjukkan perbaikan penampilan pada tes pramusim kedua ajang Moto2, Selasa (19/2), di Jerez, Spanyol. Dari tiga sesi tes pada hari pertama, kecepatan Topan terus meningkat dan catatan waktu Topan menunjukkan peningkatan sampai 6,183 detik dari sesi pertama ke sesi ketiga.

Pada sesi pertama pagi hari, Topan yang masih beradaptasi hanya mampu menempati posisi terbelakang dengan waktu 2 menit 3,112 detik. Catatan waktu Topan terpaut 8,236 detik dari Scott Redding yang menjadi pebalap tercepat sesi pertama.

Topan memangkas catatan waktunya 4,32 detik jadi 1 menit 58,792 detik pada sesi kedua. Dengan hasil itu, Topan naik ke posisi ke-24 dari 26 peserta.

Pebalap berusia 18 tahun itu menunjukkan determinasinya dengan terus meningkatkan kecepatan pada sesi ketiga. Catatan waktu juara Losail Asia Road Race Championships 2012 itu lebih cepat 1,863 detik dibandingkan dengan sesi kedua.

Topan menempati posisi ke-14 dan hanya terpaut 2,461 detik dari Julian Simon yang menjadi pebalap tercepat pada sesi ketiga. Catatan waktu Topan juga hanya terpaut 0,026 dari Anthony West, rekan seniornya di tim QMMF, yang menjadi runner-up di Moto2 seri Malaysia dan Australia pada musim 2012 yang lalu.

Pencapaian Topan jauh lebih baik dibandingkan dengan rekan senegaranya, Doni Tata Pradipta. Doni yang baru mengikuti tes pada sesi kedua hanya memangkas selisih waktunya 1,296 detik dari 1 menit 59,604 detik pada sesi kedua menjadi 1 menit 58,308 detik di sesi ketiga.

”Saya mulai menemukan ritme yang pas dari motor ini. Saya dapat menyesuaikan diri dengan motor ini dan mulai dapat menambah kecepatan,” kata Topan.

A Judiarto, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI, mengatakan, proses adaptasi Topan berjalan dengan baik. Topan, yang berhati-hati karena luka bekas operasi bahunya belum sembuh total, kini merasa cocok dengan motornya. (Motogp.com/ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com