Kompas.com - 18/02/2013, 12:00 WIB
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - Kelompok militan Negara Islam Irak (ISI) yang terkait Al-Qaeda mengklaim bertanggung jawab atas gelombang serangan bom di kawasan Syiah di Baghdad yang menewaskan 21 orang sepanjang Minggu (17/2/2013).

ISI mengatakan serangan bom itu dilakukan sebagai balasan atas kejahatan yang dilakukan pemerintah Irak yang didominasi Syiah di kawasan Sunni Baghdad.

Pada Minggu, tiga buah bom mobil meledak di kawasan padat penduduk Sadr City di sebelah utara Baghdad. Selain itu bom mobil juga meledak di kawasan Ameen, Al-Husseiniyah dan Kamaliyah di sebelah timur.

Seakan belum cukup, bom  pinggir jalan juga meledak di Karrada, di wilayah tengah ibu kota Irak itu.

Komando Operasi Baghdad, yang bertanggung jawab atas keamanan ibu kota, dalam sebuah pernyataan mengatakan pasukan keamanan berhasil menjinakkan enam buah bom mobil termasuk tiga buah di Sadr City.

Kini aparat keamanan dengan persenjataan lengkap ditempatkan di seluruh penjuru kota setelah insiden serangan bom mobil di Sadr City itu. Sejumlah kawasan di Baghdad juga ditutup demi alasan keamanan.

Selain serangan bom, orang-orang bersenjata juga menyerang wilayah utara Irak. Serangan di kota Mosul menewaskan seorang perwira polisi di depan kediamannya. Sedangkan di kota Kirkuk seorang pemain sepak bola tewas dan dua orang lainnya terluka dalam sebuah serangan bersenjata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seluruh rangkaian penyerangan itu membuat jumlah korban tewas sepanjang Februari menjadi 158 orang di seluruh Irak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.