Kim Jong Un Dielu-elukan

Kompas.com - 16/02/2013, 02:39 WIB
Editor

SEOUL, JUMAT - Ratusan ribu prajurit dan rakyat sipil Korea Utara menggelar pesta serta mengelu-elukan pemimpin muda mereka, Kim Jong Un, Jumat (15/2), atas keberhasilan uji nuklir ketiga negara komunis tersebut.

Dalam perayaan yang digelar di lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, itu, Jong Un dielu-elukan sebagai pemimpin pemberani yang tak punya lawan atau bisa disaingi kehebatannya.

Selain itu, Jong Un juga dipuja sebagai pemimpin bernyali besar, yang mampu membuat keputusan luar biasa dengan hasil brilian sehingga membuat dirinya patut dihormati.

Puja-puji tadi disampaikan kantor berita resmi Korean Central News Agency menyusul suksesnya uji coba nuklir ketiga Korea Utara (Korut) beberapa hari lalu.

Sementara itu, otoritas terkait di Korea Selatan (Korsel) hingga sekarang mengaku belum berhasil mendeteksi elemen radioaktif yang mungkin bocor dari hasil uji coba nuklir di bawah tanah tersebut.

Pemerintah Korsel bahkan memutuskan menghentikan operasi pengumpulan sampel udara untuk kemudian melanjutkan proses pemantauan di stasiun pemantau darat. Tak hanya Korsel, China dan Jepang juga melakukan upaya serupa, yang sama-sama juga belum membuahkan hasil.

Akan tetapi, Kementerian Pertahanan Jepang tetap memerintahkan jet-jet tempurnya terus mengumpulkan sampel udara untuk diperiksa. Upaya pendeteksian tersebut sangat penting untuk menentukan apakah uji coba Korut kemarin menggunakan unsur uranium atau plutonium.

Jika terdeteksi bom nuklir Korut itu berbahan dasar uranium, hal itu berarti menunjukkan kemajuan besar teknologi nuklir yang dikuasai Korut saat ini.

Upaya pendeteksian tersebut harus bisa segera dilakukan mengingat sisa radioaktif dari unsur uranium yang diperkaya sangat cepat menghilang.

Kejatuhan rezim

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X