Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ruang "Mengambang" untuk Meditasi

Kompas.com - 15/02/2013, 22:58 WIB

KOMPAS.com - "Rumah" bernama Forest Pond House ini berlokasi di daerah rural Hampshire, Inggris. Seperti namanya, bangunan ini "mengambang" di tepi kolam dalam sebuah taman keluarga.

Uniknya, bangunan yang hanya berukuran 6 meter persegi tersebut sebenarnya tidak berfungsi sebagai hunian. Bangunan ini merupakan bangunan serbaguna yang dapat digunakan sebagai lokasi meditasi, tempat bersantai, dan tempat bermain bagi anak.

Rangka kayu membentuk konstruksi bangunan mungil tersebut. Selain itu, rangka kayu ini juga dilapisi dengan tripleks, kaca, dan tembaga.

Bentuk "rumah" ini seperti seperempat lingkaran. Di sisi yang menghadap ke kolam, bangunan ini "terbuka" dengan adanya penampang kaca. Dengan demikian, sinar matahari dapat masuk ke dalam, dan orang di dalamnya dapat menikmati pemandangan indah. Anak-anak pun dapat bermain dan terhindar dari bahaya tersebut.

Namun, lengkungan "rumah" tersebut tidak sembarang dipilih oleh arsiteknya. Karya TDO Architecture ini memiliki bentuk yang terinspirasi dari hutan di sekeliling bangunan tersebut. Meski sederhana dan dapat menjadi jalan keluar unik sebagai tempat bersantai, proyek ini menghabiskan biaya tidak sedikit. TDO Architecture mengklaim menghabiskan dana 7.500 poundsterling atau setara dengan Rp 113 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com