Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meteor yang Meledak di Rusia Seberat 10 Ton

Kompas.com - 15/02/2013, 20:20 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Meteor yang meledak di atas langit Kota Chelyabinsk di wilayah Ural, bagian tengah Rusia, pada Jumat (15/2/2013) pagi tadi diperkirakan seberat 10 ton hingga 11 ton.

Akademi Sains Rusia dalam pernyataan resminya juga menyatakan, meteor tersebut melesat dengan kecepatan supersonik hingga 54.000 kilometer per jam. Kemudian, meteor tersebut meledak saat berada pada ketinggian 30-50 kilometer di atas permukaan tanah.

Ledakan begitu kuat hingga memporak-perandakan daerah di bawahnya. Laporan terakhir, tak kurang dari 500 orang luka-luka dan 3 orang kritis. Mereka umumnya terluka karena terkena pecahan kaca bangunan akibat getaran yang sangat kuat.

Pemerintah Rusia langsung mengerahkan 20.000 petugas tanggap bencana dan 3 helikopter untuk menyisir korban peristiwa tersebut.

Diperkirakan terdapat pecahan meteor yang jatuh sampai ke permukaan Bumi. Juru bicara militer Rusia, Yarslavl Roshuokin, mengatakan, ditemukan kawah bekas tumbukan meteor berdiameter 6 meter di dekat sebuah danau di daerah Cherbakul.

Selain itu, sebuah pecahan meteor juga diperkirakan jatuh di pabrik seng yang porak-peranda di bagian atapnya karena gelombang kejut saat ledakan. Atap pabrik seluas 600 meter persegi pun ambruk.

Meteor meledak sekitar pukul 09.20 waktu setempat saat penduduk mulai beraktivitas. Beberapa orang sempat merekam detik-detik menjelang ledakan dan mengunggahnya di YouTube.

Saat meteor meledak, dilaporkan sempat terjadi perubahan suhu di sekitar lokasi dari -6 derajat menjadi -18 derajat Celsius dan gelap beberapa saat. Ledakan juga sempat memutus layanan telekomunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com