Pasukan Thailand Tewaskan 16 Milisi

Kompas.com - 14/02/2013, 03:00 WIB
Editor

NARATHIWAT, RABU - Sedikitnya 16 milisi tewas dalam baku tembak dengan pasukan Thailand, Rabu (13/2) dini hari, di Provinsi Narathiwat, Thailand selatan.

Menurut juru bicara Komando Operasi Keamanan Internal Thailand, Pramote Phromin, insiden terjadi ketika sedikitnya 100 orang berpakaian loreng ala militer dan bertopeng menyerang sebuah markas militer di sana.

Serangan langsung besar-besaran terhadap markas militer seperti itu termasuk jarang terjadi pada masa lalu. Kelompok milisi bersenjata biasanya melakukan serangan mendadak terhadap patroli militer Thailand di jalan-jalan dengan menggunakan bom.

Dilaporkan tidak terdapat korban luka maupun tewas dari pihak tentara. Akan tetapi, salah seorang pemimpin milisi lokal, yang saat kejadian mengenakan rompi antipeluru, tewas tertembak.

Provinsi Narathiwat adalah satu dari tiga provinsi di Thailand selatan, selain Pattani dan Yala, yang mayoritas penduduknya beragama Islam dan berbatasan dengan Malaysia.

Sejumlah kritik menuduh pemerintah gagal menangani persoalan di wilayah basis warga minoritas Melayu Muslim itu, terutama dengan pendekatan militer yang dinilai tak menghormati identitas etnis, bahasa, dan agama warga setempat.

Meski demikian, alasan pergolakan dan perlawanan bersenjata kelompok-kelompok etnis tersebut tidak pernah benar-benar jelas. Mereka tidak pernah menyatakan tujuan akhir gerakan mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Pekan ini, pasukan kami mendapat informasi bahwa ada beberapa kelompok bersenjata tengah bergerak. Kami langsung bersiaga menghadapi kemungkinan serangan,” ujar komandan gugus tugas khusus korps marinir Provinsi Narathiwat, Kapten Somkiat Ponprayun.

Milisi yang membelot

Informan yang memberikan peringatan tersebut disebut-sebut sebagai salah satu milisi yang membelot.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.