Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hongkong Selalu Memesona

Kompas.com - 13/02/2013, 15:44 WIB
Abun Sanda

Penulis

HONGKONG, KOMPAS.com - Hongkong SAR, bekas koloni Inggris yang menjadi salah satu kota bisnis dunia, punya banyak hal untuk dicermati para pebisnis. Otoritas Hongkong SAR selalu mempunyai kreasi orisinal, untuk meraih wisatawan atau para investor kakap.

 

Dari banyak karya dan kreasi Hongkong, seperti yang dilihat Kompas pekan lalu, satu di antaranya menata dua pantai yang saling berhadapan yakni pantai di Hongkong Island dan Pantai Kowloon.

Karena kedua pantai hanya dipisahkan oleh laut yang tidak lebar, bangun fisik di Kowloon maupun Hongkong Island saling tampak dan memberi pesona luar biasa. Pagi, siang, malam dan dinihari, selalu punya daya tarik luar biasa. Ini mestinya memberi inspirasi bagi walikota atau gubernur di negara manapun, untuk menempuh hal yang sama.

 

Hal kedua, Hongkong SAR sangat mahir membangun fasilitas yang memuaskan wisatawan luar negeri dan domestik. Disneyland, taman di perbukitan yang menakjubkan, kolam-kolam ikan raksasa, resor di puncak bukit sampai kepada Avenue of Stars di tepi laut Kowloon. Semua kawasan ini selalu mempunyai pesona..

 

Kecerdasan otoritas Hongkong tampak dari cara mengerjakan sebuah obyek wisata. Lihat misalnya Avenue of Star. Tempat itu "hanyalah" pantai dengan dataran terbuka yang sempit. Namun dengan membangun tanggul yang baik, pagar yang sederhana tetapi kokoh, lantai tepi pantai yang bersih, maka kawasan itu menjadi sangat atraktif. Di sekitar pantai tegak hotel-hotel kelas dunia, apartemen, pusat belanja dan hunian.

 

Avenue of Stars menjadi ikon baru Hongkong SAR ketika di situ dibangun patung artis, patung sutradara dan kameramen, dan patung bintang legendaris Brucee Lee. Tak sampai di situ, dibuat pula"prasasti" kecil yang menjadi tempat para aktor dan artis Hongkong membubuhlan cap tangannya. Patung Bruce Lee dan prasasti itu menjadi daya tarik luar biasa Avenue of Stars.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com