Kompas.com - 12/02/2013, 22:43 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

REGENSBURG, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI setelah pensiun pada 28 Februari nanti akan memilih menjauh dari perhatian publik. Paus yang bernama lengkap Joseph Ratzinger ini juga memilih lebih banyak berdoa di sisa hidupnya. Dia juga tak mau menulis ataupun melakukan pekerjaan apa pun.

Uskup Georg Ratzinger mengemukakan hal ini kepada wartawan di rumahnya di Regensburg, sebuah kota di Jerman selatan. Kantor berita AP pada Selasa (12/2/2013) melaporkan, Georg Ratzinger mengemukakan ini setelah berbicara dengan Paus Benediktus XVI yang juga saudaranya, setelah menyatakan pengunduran dirinya hari Senin.

"Paus Benediktus XVII juga tak ingin kembali ke Jerman, tanah kelahirannya," ujar Georg Ratzinger. "Jangan mencangkok sebuah pohon tua," ujar Georg yang kini berusia 89 tahun.

Paus Benediktus XVI kini berusia 85 tahun dan akan menjadi 86 tahun pada April nanti. Dua bersaudara Ratzinger ini tetap dekat selama ini. Mereka selalu berkomunikasi. Georg Ratzinger berencana mengunjungi saudaranya, Paus Benediktus XVI, pada akhir tahun ini.

Paus Benediktus XVI mengguncang dunia setelah dia mengumumkan pengunduran dirinya sebagai paus pada akhir bulan Februari ini. Paus Benediktus XVI memberikan alasan mundur karena kesehatannya yang merosot belakangan ini. Georg Ratzinger mengakui berita atau keputusan mundur ini bukan hal yang mengejutkan.

"Dia sudah memikirkan hal ini (untuk mundur) beberapa bulan ini," ujarnya. "Dia memutuskan bahwa tenaganya terus menurun seiring dengan usianya," ujarnya.

Georg Ratzinger berbicara dengan Paus Benediktus XVI lewat telepon pada Senin petang setelah dia mengumumkan pengunduran dirinya. Paus nantinya memilih hidup penuh doa, lebih berdiam diri di Vatikan. Walaupun Paus ini gemar menulis sebelum dan saat menjadi paus, setelah pensiun, Paus Benediktus XVI tidak akan menulis lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak yakin dia akan menulis apa pun," ujar Georg Ratzinger soal adiknya, Paus Benediktus XVI. Paus mengundurkan diri karena ingin seorang paus yang lebih muda, yang bisa mengatasi berbagai problem yang dihadapi Gereja Katolik pada saat ini. "Saya yakin jabatan ini tetap dipegang seorang dari Eropa," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.