Kompas.com - 12/02/2013, 18:41 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Pengumuman keberhasilan uji coba nuklir ketiga Korea Utara tak ayal membuat tetangganya di Selatan "meriang". Selain mengecam uji coba itu sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap resolusi PBB, Korea Selatan, warta Yonhap pada Selasa (12/2/2013), mengutip Juru Bicara Kementerian Pertahanan Kim Min-Seok mengatakan Negeri Ginseng meningkatkan tahap waspada level dua militernya.

Menurut Min-Seok, militer Korsel melakukan kerja sama dengan pasukan AS untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang terjadi. "Korsel dan AS terus memantau lebih dekat pergerakan militer Korut,"kata Min-Seok.

Selain itu, Korsel, imbuh Min-Seok, meminta adanya pertemuan segera dengan Dewan Keamanan PBB. "Pertemuan itu akan membahas sanksi terbaru untuk Pyongyang,"katanya.

Kementerian Keuangan Korsel, pada bagian lain, mengatakan kalau tes nuklir kali ketiga Korut itu juga memberi pengaruh pada perekonomian Korsel. Pasalnya, pasar Korsel bersiaga menghadapi risiko andai Korut akhirnya memunyai bom nuklir sebagaimana dituduhkan UNi Eropa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.