Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Akhirnya Kecam Korea Utara

Kompas.com - 12/02/2013, 17:43 WIB

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China akhirnya buka suara soal uji coba nuklir sekutunya, Korea Utara. China, Selasa (8/2/2013), menyatakan "menentang keras" langkah Korea Utara itu.

China juga mengatakan Korea Utara melangkah terlalu jauh tanpa memedulikan tentangan dunia internasional.

"Kami mendesak keras DPRK (Korut) untuk menghormati komitmen untuk melaksanakan denuklirisasi, dan tidak mengambil langkah yang semakin memperburuk situasi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China melalui situs reminya.

China adalah sekutu terpenting Korea Utara yang menjadi rekan dagang dan memberi bantuan selama berpuluh tahun sejak Perang Korea berakhir.

Meski demikian, media pemerintah meminta China bersikap lebih keras terhadap uji coba nuklir Korea Utara itu.

"Pemerintah China menyerukan agar semua pihak bersikap tenang, menyelesaikan masalah denuklirisasi di Semenanjung Korea lewat dialog dan konsultasi dalam kerangka pembicaraan enam negara," tambah Kemenlu China.

Dalam tajuk rencananya, kantor berita Xinhua menyatakan uji coba nuklir itu adalah upaya dari DPRK yang putus asa dan ingin tetap menciptakan ancaman di Semenanjung Korea.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com