Kompas.com - 12/02/2013, 17:43 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com - Pemerintah China akhirnya buka suara soal uji coba nuklir sekutunya, Korea Utara. China, Selasa (8/2/2013), menyatakan "menentang keras" langkah Korea Utara itu.

China juga mengatakan Korea Utara melangkah terlalu jauh tanpa memedulikan tentangan dunia internasional.

"Kami mendesak keras DPRK (Korut) untuk menghormati komitmen untuk melaksanakan denuklirisasi, dan tidak mengambil langkah yang semakin memperburuk situasi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri China melalui situs reminya.

China adalah sekutu terpenting Korea Utara yang menjadi rekan dagang dan memberi bantuan selama berpuluh tahun sejak Perang Korea berakhir.

Meski demikian, media pemerintah meminta China bersikap lebih keras terhadap uji coba nuklir Korea Utara itu.

"Pemerintah China menyerukan agar semua pihak bersikap tenang, menyelesaikan masalah denuklirisasi di Semenanjung Korea lewat dialog dan konsultasi dalam kerangka pembicaraan enam negara," tambah Kemenlu China.

Dalam tajuk rencananya, kantor berita Xinhua menyatakan uji coba nuklir itu adalah upaya dari DPRK yang putus asa dan ingin tetap menciptakan ancaman di Semenanjung Korea.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.