Kompas.com - 12/02/2013, 16:08 WIB
EditorErlangga Djumena

MELBOURNE, KOMPAS.com - Secara tidak terduga, harga emas dunia bangkit dari level terendah dalam sebulan terakhir. Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 15.12 waktu Singapura, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat tak banyak mencatatkan perubahan di level 1.646,40 dollar AS per troy ounce.

Padahal, pada transaksi pagi tadi, kontrak yang sama sempat turun 0,3 persen menjadi 1.642,90 dollar AS per troy ounce, yang merupakan level termurah sejak 4 Januari lalu.

Salah satu faktor yang mengerek harga emas sore ini adalah tes uji coba nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara. Kejadian itu menyebabkan permintaan emas sebagai aset haven ikut terkerek.

"Mengingat retorika yang datang dari Korea Selatan dan apa yang mereka katakan tentang jika Korea Utara memutuskan untuk meledakkan nuklir, sepertinya hal itu tidak memberi mereka banyak ruang untuk bermanuver," kata David Lennox, analis Fat Prophets di Sydney.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kim Sung Hwan bersumpah untuk melakukan aksi tegas dengan uji coba senjata nuklir dan provokasi Korut lainnya.

Sementara itu, harga kontrak emas untuk pengantaran April turun sebesar 0,4 persen menjadi 1.643 dollar AS per troy ounce di Comex, New York. (Barratut Taqiyyah/Kontan)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.