Kompas.com - 12/02/2013, 14:31 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — Nama empat orang kardinal muncul sebagai kandidat kuat pengganti Paus Benediktus XVI yang secara mengejutkan menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya.

Keempat kandidat kuat itu adalah Kardinal Angelo Scola, Kardinal Peter Turkson, Kardinal Marc Ouellet, dan Kardinal Francis Arinze.

Munculnya nama Kardinal Arinze dari Nigeria dan Kardinal Turkson dari Ghana memunculkan harapan bahwa Gereja Katolik Roma akan memilih paus berkulit hitam untuk pertama kalinya.

Umat dan para petinggi Gereja Katolik di Afrika menyambut gembira kabar ini dan berharap paus yang baru nanti berasal dari Afrika.

"Saya kira sudah saatnya kami memilih orang di luar belahan utara kali ini. Sebab, banyak kardinal potensial dari seluruh dunia," kata Kardinal Wilfrid Napier dari Afrika Selatan.

Sedangkan Kardinal Theodore Adrien Sarr dari Senegal mengatakan, sudah sejak lama dirinya membayangkan akan terpilihnya paus dari Afrika.

"Tetapi, apakah Gereja Katolik siap memiliki seorang paus dari Afrika? Apakah seluruh dunia akan menerima paus dari Afrika?" kata Kardinal Sarr.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Vatikan memastikan prosesi konklaf atau pemilihan paus baru akan dilangsungkan pada Maret mendatang sehingga pada perayaan Paskah nanti umat Katolik sedunia sudah akan memiliki pemimpin baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.