Kompas.com - 12/02/2013, 13:41 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Uji coba nuklir Korea Utara, Selasa (12/2/2013), langsung menuai reaksi dari sejumlah negara.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe langsung mengeluarkan kecaman atas uji coba nuklir itu karena dianggap melanggar kesepakatan internasional.

"Uji coba itu melanggar serangkaian resolusi Dewan Keamanan PBB," kata Abe di hadapan Parlemen Jepang.

"Tindakan Korea Utara ini sangat disesalkan. Kami menyatakan protes keras," sambung Abe.

Kecaman juga datang dari Rusia yang seperti halnya Jepang, menganggap langkah uji coba nuklir Korea Utara itu menyalahi resolusi DK PBB.

"Kami mengecam langkah Korea Utara ini dan melihat uji coba nuklir serta peluncuran misil balistik sebagai sebuah pelanggaran terhadap resolusi DK PBB," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Rusia seperti dikutip kantor berita Interfax.

Sejauh ini belum diperoleh reaksi dari China dan Amerika Serikat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon menyebut uji coba nuklir Korea Utara itu sebagai sebuah provokasi yang menimbulkan destabilisasi kawasan.

Uji coba nuklir ini akan langsung ditanggapi Dewan Keamanan PBB yang segera menggelar pertemuan darurat membahas isu nuklir Korea Utara itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.