Kompas.com - 12/02/2013, 13:11 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com — Korea Utara dipastikan telah meledakkan sebuah perangkat nuklir mini di lokasi uji coba di wilayah utara negeri itu, Selasa (12/2/2013).

Ledakan di bawah tanah itu bisa membawa Korea Utara satu langkah lagi lebih dekat menuju cita-citanya membangun hulu ledak nuklir berukuran kecil yang bisa dimuat ke misil jarak jauhnya yang bisa mencapai Amerika Serikat.

Media resmi Pemerintah Korea Utara melaporkan, uji coba itu dilakukan dengan cara yang aman. Selain itu, uji coba ini dilakukan untuk mengatasi "kejahatan" AS yang mengganggu kedamaian dan hak Korea Utara dalam meluncurkan satelit.

Lebih jauh Pemerintah Korea Utara mengatakan, uji coba itu menggunakan sebuah bom atom mini yang lebih ringan. Meski kecil dan ringan, daya ledaknya jauh lebih besar dibanding dua bom yang sudah terlebih dulu dicoba.

Uji coba nuklir ini adalah yang pertama sejak Kim Jong Un berkuasa pada Desember 2011 setelah ayahnya Kim Jong Il meninggal dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.