Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/02/2013, 11:36 WIB
EditorErvan Hardoko

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara kemungkinan besar sudah melakukan uji coba nuklirnya yang ketiga, Selasa (12/2/2013). Kementerian Pertahanan Korea Selatan meyakini getaran mirip gempa terjadi di dekat lokasi dua percobaan nuklir terdahulu.

Juru bicara Kemenhan Korea Selatan, Kim Min-seok, mengatakan, Korea Utara memberi China dan Amerika Serikat peringatan dini sebelum melakukan uji coba nuklir ketiganya.

Badan Pengawasan Gempa Bumi China mengatakan, getaran yang terjadi "diduga adalah sebuah ledakan", sementara badan meteorologi Jepang dan Korea Selatan menduga getaran itu adalah hasil dari sebuah uji coba nuklir.

Jika dugaan uji coba nuklir Korea Utara ini dapat dipastikan maka ini adalah uji coba ketiga yang dilakukan Korea Utara setelah uji coba serupa pada 2006 dan 2009.

Uji coba nuklir ini akan menjadi tantangan diplomatik tersendiri bagi Presiden AS Barack Obama di awal masa jabatan keduanya, selain juga menjadi masalah baru untuk China, Jepang, dan Korea Selatan yang kesemuanya memiliki pemimpin baru.

Prioritas utama dunia internasional adalah memastikan kebenaran adanya tes nuklir ini dan mengungkap level teknologi program persenjataan nuklir Korea Utara.

Sebelumnya, Pyongyang menjanjikan uji coba nuklir di level yang lebih tinggi. Pernyataan ini memicu spekulasi bahwa Korea Utara akan menggunakan uranium dan bukan plutonium seperti yang digunakan dalam uji coba 2006 dan 2009.

Jika benar Pyongyang menggunakan uranium dalam uji coba kali ini, maka dicurigai Korea Utara telah melakukan pengayaan uranium secara diam-diam dan membuka peluang negeri itu untuk mengembangkan persenjataan nuklirnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.