Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stimulasi Perekonomian AS Akan Berlanjut

Kompas.com - 12/02/2013, 08:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bank Sentral Amerika Serikat, The Federal Reserve, masih akan melakukan stimulasi bagi perekonomian negeri itu.

Seperti diungkapkan Wakil The Fed, Janet Yellen, hal itu dilakukan sehubungan pemulihan ekonomi AS yang lambat relatif gagal menciptakan kemajuan yang terus-menerus pada tenaga kerja.

Dalam keterangannya yang dikutip tim riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Selasa (12/2/2013), Yellen yang dianggap sebagai calon kuat pengganti Ben Bernanke tahun depan, itu akan fokus kepada bagian ekspansi ekonomi yang lemah yaitu tenaga kerja.

"Jauhnya perbedaan antara tenaga kerja maksimum dan kondisi sangat sulit yang dihadapi pekerja saat ini menjelaskan dibutuhkannya usaha dari Federal Reserve kini untuk menguatkan pemulihan," ucap Yellen.

Yellen menyalahkan kebijakan anggaran AS yang tidak menentu sebagai titik kelemahan pada pemulihan.

"Kami telah mengambil langkah tegas, dan akan terus demikian untuk mempercepat laju pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja," kata dia.

Namun, bursa saham AS ditutup melemah tipis pada sesi perdagangan kemarin seiring investor masih cemas di tengah minimnya katalis menyusul reli belakangan ini yang membantu S&P 500 mengakhiri kenaikan untuk pekan keenam.

Dengan reli Dow belakangan ini tertahan di sekitar 14,000, sejumlah analis melihat kemungkinan apakah pasar berkonsolidasi untuk dapat mendorong naik atau akan terkoreksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com