Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panglima Militer Guinea Tewas dalam Kecelakaan Pesawat

Kompas.com - 12/02/2013, 04:48 WIB

MONROVIA, KOMPAS.com Kepala angkatan bersenjata Guinea dan sejumlah pejabat Guinea lainnya tewas dalam kecelakaan pesawat kota Charlesville, Liberia, Senin (11/2/2013).

Sumber-sumber di kantor kepresidenan Guinea mengatakan, sedikitnya 11 orang berada dalam pesawat itu, termasuk kepala angkatan bersenjata Jenderal Kelefa Diallo. Semua penumpang pesawat itu dikabarkan tewas.

"Kecelakaan merenggut nyawa enam anggota delegasi yang dipimpin Jenderal Souleymane Kelefa Diallo, kepala angkatan bersenjata, dan lima kru," kata Menteri Pertahanan Guinea Abdoul Kabele Camara dalam sebuah pernyataan.

Belum ada informasi mengenai apa penyebab kecelakaan itu.

Delegasi Guinea itu sedang dalam perjalanan ke Monrovia untuk menghadiri perayaan tahunan hari angkatan bersenjata Liberia. Dalam rangkat perayaan itu, Liberia mengundang pejabat dari negara-negara tetangga, termasuk Guinea.

Para petugas penyelamat dan polisi dikirim ke lokasi kecelakaan, sekitar delapan kilometer dari bandara internasional Liberia, yaitu Bandara Roberts International yang terletak sekitar 65 kilometer tenggara ibu kota Monrovia. Sebagian besar daerah di tempat pesawat itu jatuh tertutup hutan lebat.  

Presiden Guinea Alpha Conde mengangkat wakil Camara, Jenderal Namory Traore, sebagai kepala angkatan bersenjata sementara.

Terkait kecelakaan itu, Camara mengumumkan tiga hari berkabung nasional di Guinea mulai Senin. Presiden Liberia Ellen Johnson Sirleaf juga menyatakan hari berkabung bagi para korban pada hari Selasa ini. "Kita semua berdoa untuk jiwa-jiwa warga Guinea yang meninggal dalam kecelakaan itu," kata Sirleaf di televisi nasional.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com