Kompas.com - 12/02/2013, 03:54 WIB
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin tidak menyangka Paus Benediktus XVI mengundurkan diri dari jabatannya karena usia tua sebagaimana diumumkan, Senin (11/2/2013).

"Saya kaget karena sebelumnya tidak ada isyarat pengunduran diri. Sebenarnya pengunduran diri Paus pernah ada tahun 1400. Ini kali pertama di abad modern. Biasanya sampai akhir hayat," kata Din kepada Tribunnews, Jakarta, Senin malam.

Din sendiri menuturkan memiliki pengalaman historis dengan Paus Benediktus XVI.

Din bertemu empat kali dengan Paus dalam rangka forum Katolik-Islam. "Saya kebetulan bertemu Paus empat kali. Sekali di Napoli (Italia) menghadiri konferensi Katolik-Muslim. Lainnya di Vatican Forum," kenang pemilik nama lengkap Sirajuddin Syamsuddin itu.

Din pun tak sungkan memuji sikap Paus yang dinilainya berperan besar dalam menjembatani komunikasi Katolik dan Islam. "Saya mengetahui bahwa Paus cukup baik. Beliau seorang teolog, khususnya dengan menjalin komunikasi aktif dunia Islam dengan Katolik seperti forum Katolik-Muslim," katanya.

Paus sebelumnya memang sempat melontarkan pernyataan kontroversial menyangkut jihad (2006). Namun, terlepas dari itu, Din tetap menilainya tokoh yang baik. "Saya berharap penggantinya dapat melanjutkan langkah-langkah tersebut," harapnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.