Presiden Aquino ke Mindanao, Ajak Percepat Perdamaian

Kompas.com - 12/02/2013, 03:07 WIB
Editor

SULTAN KUDARAT, SENIN - Presiden Filipina Benigno Aquino III, Senin (11/2), menggelar kunjungan bersejarah ke basis perlawanan Front Pembebasan Islam Moro (MILF) di Pulau Mindanao, Filipina selatan.

Dalam kunjungan itu, dia juga menyerahkan sejumlah bantuan pendidikan, kesehatan, dan alat kerja demi menunjukkan keseriusan pemerintah memperbaiki taraf hidup masyarakat di daerah tersebut.

Pemimpin MILF Murad Ebrahim turut hadir dalam kunjungan itu selaku tuan rumah.

Kepada para pemimpin dan warga Mindanao, Aquino menyampaikan keinginan dia mempercepat proses perdamaian sebelum masa jabatannya sebagai presiden usai tahun 2016.

”Kita harus mempercepat apa pun yang tengah kita lakukan sekarang demi menjadikan perdamaian sebagai sesuatu yang permanen,” ujar Aquino.

Aquino menyerukan percepatan lantaran selama ini diyakini tak ada jaminan pemerintahan dan presiden mendatang di Filipina setelah dirinya bakal melihat agenda perdamaian penting.

Bersama Pemerintah Filipina, MILF menandatangani ”kesepakatan kerangka kerja”, yang akan menjadi dasar pembentukan wilayah otonomi khusus bagi warga Mindanao mulai 2016.

Kerangka kerja itu masih diterjemahkan dan diperinci lagi dengan membentuk Komisi Peralihan, beranggotakan 15 orang.

Komisi itu akan menyusun rancangan undang-undang pembentukan wilayah Bangsamoro dalam dua tahun.

Aquino mengaku pernah diperingatkan oleh sejumlah rekannya untuk mengurungkan niat mengunjungi basis MILF di Mindanao itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.