Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakak Paus Benediktus XVI: Pengunduran Diri Itu Proses Alamiah

Kompas.com - 11/02/2013, 19:13 WIB

BERLIN, KOMPAS.com - Kakak Paus Benediktus XVI, Georg Ratzinger, mengatakan Paus sudah mempertimbangkan untuk mengundurkan diri selama beberapa bulan terakhir.

Berbicara dari kediamannya di Regensburg pada kantor berita Jerman, dpa, Georg Ratzinger (89), mengatakan saudara itu mengalami kesulitan berjalan dan pengunduran itu merupakan bagian dari "proses alamiah".

"Usia sudah mulai menggerogotinya. Pada usia itu, adik saya ingin lebih banyak beristirahat," kata sang kakak.

Ratzinger mengatakan, dokter juga meminta Paus Benediktus XVI tidak lagi melakukan perjalanan lintas benua karena kesehatannya.

Paus Benediktus XVI akan mengundurkan diri terhitung tanggal 28 Februari 2013 pukul 20.00. Paus mengatakan, dirinya tak lagi memiliki kekuatan untuk menjalankan tugas-tugas kepausan.

"Untuk alasan ini, dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini, serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma, dan penerus Santo Petrus," ucap Paus Benediktus dalam pernyataan resmi yang dikirim Vatican.

Pengunduran diri ini pertama kali disampaikan oleh Juru Bicara Vatican, Federico Lombardi. "Paus mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan kepemimpinannya pada 28 Februari pukul 20.00," kata Federico.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com